Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Meta Tags dan Fungsinya dalam SEO

flordesolnyc.com - Salah satu strategi dalam SEO adalah menggunakan meta tags. Dimana hal tersebut membantu menampilkan berbagai website yang memiliki kesamaan kata dengan isi konten website dalam mesin pencari. Selain itu juga ada yang membantu menampilkan script website, baik site original yang akan dinaikan peringkatnya ataupun site digunakan sebagai langkah backlink.



Banyak orang tidak memahami apa itu meta tag, jenisnya, dan fungsinya itu sendiri. Sehingga perlakuan optimasi juga seringkali mengalami kesulitan. Beberapa pakar SEO atau webmaster terhadap SEOMEDIA berusaha sebaik mungkin menggunakan strategi tersebut. Disini hanya menjelaskan terkait meta tags SEO, mulai dari jenis sampai dengan tips membuat meta tags itu sendiri.

Jenis Meta Tags

Pada dasarnya hanya ada tiga jenis yaitu meta keyword, title dan description. Agar memahami dari masing-masing kata tersebut Anda dapat melihat penjelasan dibawah ini.

  1. Meta Title

Judul dari website ditampilkan di halaman mesin pencari. Agar mempermudah pemahaman, merupakan judul site berwarna biru dengan ukuran font paling besar saat mencari sebuah keyword di mesin pencari (search engine).

Kebanyakan dari para peselancar dunia maya lebih cenderung membaca title tag untuk memilih dari beberapa website ditampilkan. Dengan demikian untuk dapat memberikan title juga harus menarik, unik, serta jelas.

Tips :

  • Buat semenarik mungkin, baku, serta unik

  • Masukan keyword yang digunakan

  • Sesuai dengan isi konten

  • Pembuatan title jangan melebihi 60 karakter, semakin sedikit juga  jelas maka semakin baik.


  1. Meta Description

Meta description atau tag HTML adalah penjelasan singkat di bawah title tag itu sendiri. Tag HTML berisikan tentang penjelasan singkat terkait isi konten. Biasanya kata kunci yang digunakan juga akan menghitamkan di bagian ini.


Sehingga sangat penting untuk memperhatikan keyword yang sering digunakan oleh berbagai pengguna mesin pencari.


Tips:

  • Gunakan deskripsi sesuai dengan konten dibuat

  • Gunakan keyword terhadap HTML

  • Jangan melebihi 156 kata

  • Menarik serta unik

  • Isi deskripsi sesuai terhadap isi website


  1. Meta Keyword

Keyword merupakan Informasi kata kunci itu sendiri pada website. Sehingga mempermudah mesin pencari dalam menampilkan isi konten pada website. Dalam hal ini Google selalu berupaya memperbaiki sistem dalam menampilkan sejumlah situs.

Oleh karena itu dalam menentukan keyword harus sangat baik juga tepat. Hal ini akan mempengaruhi Google untuk menemukan website Anda. Selain itu juga Google berupaya mencari kata kunci yang relevan atau sesuai terhadap isi konten untuk memuaskan pengguna search engine itu sendiri.

Tips untuk mencari serta menggunakan kata kunci baik, tepat dan relevan dapat menggunakan beberapa aplikasi yang ada, baik itu aplikasi berbayar atau gratis. Berikut ada beberapa pilihan dapat dipertimbangkan untuk digunakan.

  • Google Keyword Planner

  • KWFinder

  • Google Suggest

Sedangkan yang sering digunakan merupakan tags tambahan untuk membantu para webmaster dalam mengelola atau mengoptimalisasi sebuah situs online. Berikut penjelasan lebih jelas mengenai tambahan tersebut:

  1. Robots

Berfungsi untuk mengirim informasi kepada search engine guna mengindeks atau crawl situs Anda secara keseluruhan, baik konten dan juga link terdapat pada konten tersebut. Dalam melakukan tag ini ada beberapa jenis yang harus diperhatikan seperti indeks, non-indeks, follow, dan nofollow.


  1. Refresh Redirect

Berfungsi untuk merefresh atau menyegarkan redirect user ke URL berbeda. Sebagai saran untuk menggunakan redirect 301.

  1. Charset

Hal ini digunakan sebagai cara menghindari bounce rate atau naik turunnya peringkat dengan cepat. Dikarenakan banyaknya kesalahan pada website, menyebabkan terjadinya bounce rate. Oleh sebab itu harus menggunakan charset sebagai upaya menghindari bounce rate, pada dasarnya charset berfungsi sebagai cara menentukan pengkodean karakter. Sebagai bahan pertimbangan dari kami, menyarankan menggunakan UTF-8/Unicode.

  1. Viewport

Digunakan menyesuaikan tampilan halaman website dengan perangkat yang digunakan menampilkan halaman website tersebut. Sebagai contoh agar lebih mudah memahami fungsi viewport ini adalah 

“Pada saat melakukan atau menerbitkan website tentunya target utama adalah pengguna PC atau laptop, sehingga dapat menampilkan halaman web dengan maksimal. Namun pada saat website diakses melalui Smartphone maka tampilan menjadi diluar batas layar itu sendiri” sehingga Viewport sangat penting guna menata dan merapikan halaman pada layar pengguna.

Dengan mengetahui jenis-jenis dan fungsi meta tags SEO maka akan semakin mempermudah dalam optimasi website Anda. Lakukan dengan benar dan dapatkan keuntungannya.


Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Meta Tags dan Fungsinya dalam SEO"